Program Studi

TEKNIK KIMIA membina Program Strata Satu (S.1) dan Program Pascasarjana, Strata Dua (S2) dengan konsentrasi keahlian: Teknologi Proses dan Kimia Lingkungan.

  1. Program Strata Satu (S.1) Reguler, program untuk lulusan SMU/SMK dan sederajat.
  2. Program Strata Satu (S.1) Khusus, program ini ditawarkan untuk karyawan/pegawai dari berbagai instansi pemerintah, swasta, BUMN, dan ahli progam transfer D3.
  3. Program Strata Dua (S2), Satu-satunya penyelenggara program pascasarjana (S2) Teknik Kimia di Indonesia Timur dengan masa studi 4 Semester (2 Tahun)

Kurikulum berbasis kompetensi dengan bobot 151 SKS, program S1 reguler, & khusus dapat ditempuh maksimal 4 tahun (8 Semester) dengan program ahli program/transfer D3 maksimal 1,5 tahun (3 Semester) dengan gelar Sarjana Teknik (ST) dan gelar Magister Teknik (MT) untuk program Pascasarjana Teknik Kimia.

Program Unggulan : Hybrid Teaching kerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya, menghadirkan empat orang Guru Besar/Professor dan Dosen Ahli dari ITS Surabaya untuk melaksanakan proses pengajaran/perkuliahan di Jurusan Teknik Kimia FTI-UMI Makassar.

Karir Lulusan Teknik Kimia

Industri Proses Kimia
Kemampuan lulusan jurusan teknik kimia industri dalam rekayasa adalah salah satu solusi menghadapi masalah ketersediaan sumber daya. Rekayasa bahan-bahan mentah menjadi berbagai bentuk produk jadi dapat menghadirkan alternatif-alternatif baru bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Dalam industri proses ini kita kita bisa melihat contoh misalnya Industri pupuk, pengolahan minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan, dll.

Industri Renewable Energy
Permasalahan lingkungan kini semakin kompleks menuntut banyak pihak untuk memperbaiki prilakunya dalam berinteraksi dengan alam, tidak terkecuali dengan orang-orang yang berada dalam lingkungan teknik kimia. Praktisi teknik kimia dapat berperan dalam perbaikan proses-proses kimia menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan demikian, peluang lulusan jurusan teknik kimia industri menjadi sangat besar dalam bidang Renewable Energy Industri ini.

Industri Agrobisnis
Industri pertanian dan agrobisnis adalah salah satu dan memang seharusnya menjadi yang terbesar di Indonesia. Produk pertanian yang dijual  mentah tanpa usaha untuk meningkatkan daya jualnya adalah salah satu penyebab pendapatan yang berasal dari bidang ini menjadi rendah. Sarjana teknik kimia menjadi sangat berperan dalam meningkatkan nilai guna dan nilai jual tersebut sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Industri / Unit Pengolahan Limbah
Industri pengolahan limbah dapat dimasuki oleh lulusan Teknik Kimia Indonesia karena memang lulusan Teknik Kimia punya basic relatif kuat dalam pengolahan limbah (waste treatment). Lulusan Teknik Kimia seringkali dikatakan dapat merebut kesempatan kerja lulusan Teknik Lingkungan. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di perusahaan PPLI, atau di-support system berbagai perusahaan besar, misalnya di unit pengolahan limbah di Oil and Gas Industry.

Perbankan
Lulusan Jurusan Teknik Kimia memiliki kemampuan yang relatif sangat baik dalam analisis feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil sampai industri besar. Sehingga lulusan jurusan teknik kimia industri dapat memberikan pertimbangan saat bank akan memberikan pinjaman kepada pengusaha.

Peneliti
Lulusan teknik kimia industri yang berminat pada bidang penelitian di Laboratorium berpeluang bergabung dengan lembaga penelitian